Oleh: Tyara Queen

Kesadaran warga negara Indonesia saat ini masih perlu pembenahan. Salah satunya kesadaran dalam bela negara. Kesadaran bela negara harus ditumbuhkan, karakter seperti ketulusan dan keikhlasan, semangat persatuan, kesediaan berkorban, kesetiaan, optimisme, keteguhan terhadap tujuan dan cita cita perjuangan, serta keyakinan akan pertolongan Tuhan agar generasi muda Indonesia teguh pada pendiriannya serta cinta akan tanah air dalam membela negara Indonesia.

Bela negara menurut undang-undang Republik Indonesia nomer 3 tahun 2002 pasal 9 ayat 1 tentang pertahanan negara adalah sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945. Bela negara sesungguhnya adalah suatu sikap mental warga negara sebagai wujud rasa cinta kepada bangsa dan tanah air. Bela negara secara fisik adalah pembelaan terhadap setiap hambatan, gangguan, halangan dan tantangan yang dilakukan warga negara untuk melindungi bangsa dan negaranya. Sedangkan secara nonfisik bela negara adalah suatu bentuk pembelaan berdasarkan hak-hak, kewajiban dan kehormatan serta profesi dan kemampuan masing masing warga negara untuk meningkatkan ketahanan nasional dan mampu menghadapi ancaman yang berupa ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

Berdasarkan undang-undang dasar 1945 pasal 30 ayat 1, tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Jadi, sudah tentu sebagai warga negara Indonesia wajib ikut serta dalam membela negara dari berbagai macam ancaman, gangguan, tantangan, dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam.Negara Indonesia telah berhasil merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Perjuangan berikutnya adalah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, serta perjuangan mencapai tujuan nasional bangsa kita sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website