Oleh : Nurhayati Sutarti

Sejak bulan Maret 2020 dunia dilanda oleh sesuatu yang membuat semuanya sengsara. Terutama orang-orang kecil seperti pedagang, petani, buruh dan masih banyak lagi. Musibah tersebut disebabkan oleh sejenis virus, yang disebut dengan covid-19 atau virus corona”. Semuanya resah karena adanya virus tersebut, dan pemerintah pun memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah yang sudah menjadi zona merah pandemi covid-19 seperti DKI Jakarta, Bogor, Depok dan daerah-daerah lainnya.

Dengan adanya pandemi ini, pemerintah juga melarang masyarakat untuk tidak mudik dan untuk tetap tenang di rumahnya masing-masing, karena pemudik bisa menjadi pembawa covid-19 dan mereka bisa berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Semua pihak yang terkait bergerak untuk melawan pandemi covid-19 sesuai dengan kewenangan dan kemampuannya masing-masing. Jika kita patuh dengan aturan, sikap tersebut merupakan bagian perwujudan bela Negara, sebab dengan kita mengikuti semua kewenangan pemerintah seperti melaksanakan 3 M; menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan kita bisa berperan menjaga Negara ini tetap kuat dari serangan virus dan segera terbebas dari pandemi yang telah memakan banyak korban.

Pemerintah Indonesia membuat berbagai kebijakan atau sebuah program untuk menangani pasien covid-19 seperti menyediakan alat pengaman diri (APD) untuk tenaga kesehatan, menyediakan obat-obatan dan menyediakan tempat untuk pasien-pasien covid-19 diisolasi dan yang paling utama adalah menyediakan bantuan seperti uang dan sembako untuk warga yang terdampak covid-19. Para tenaga medis adalah garda terdepan dalam menangani pasien covid-19. Sudah banyak sekali para tenaga medis yang gugur di medan perjuangan melawan covid-19. Mereka adalah pahlawan kemanusiaan, karena mereka rela mengorbankan jiwa, raga, tenaga, keringat, bahkan meninggalkan keluarga, anak dan rumahnya untuk membantu segenap anak bangsa.

Tetapi sejauh ini, kita masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan tanpa berpikir bahwa di luar sana banyak anak-anak yang ditinggal oleh orang tuanya karena mereka harus menjaga pasien covid-19, dan banyak juga di luar sana yang ditinggal orang tuanya karena orang tuanya menjadi korban covid-19. Coba kita pikirkan apa ini yang namanya peduli pada bangsa apalagi membela negara, tidak kan?, kalau kita memang tidak bisa membantu mereka setidaknya kita patuhi kebijakan pemerintah dengan mentaati protokol kesehatan, agar membatasi meluasnya wabah di negeri ini, itu saja sudah membantu kok. Semoga sehat selalu 🙂 .

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website