BANDUNG – SMA Pasundan 3 Bandung meraih juara 1 Lomba Cerdas Tangkas Biologi (LCTB) tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (23/05/2022), dan berhasil mempertahankan piala bergilir dari tahun sebelumnya.

Kegiatan lomba LCTB tersebut merupakan agenda tahunan HIMA Biologi FKIP Unpas yang bertajuk Biology Education Expo (BEE) yang sudah rutin diselenggarakan lebih dari satu dekade dalam mewadahi kegiatan edukasi yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan untuk tingkat umum dan sederajat. Pelaksanaan LCTB berlangsung sehari pada Senin tanggal 23 Mei 2022, bertempat di Auditorium Kampus II Unpas, Jl. Tamansari No. 06-08 Bandung.

Tim SMA Pasundan 3 Bandung yang mewakili LCTB tahun ini adalah Muhammad Raihan Yudiana (10 IPA 4), Fariza Fadilah Hakim (10 IPA 2), dan Ersa Dyah Ayu Puspa Yudhaningrum (11 IPA 2) dengan didampingi oleh guru mata pelajaran biologi; Cucu Cahyati, S.Pd., dan Anisa Basyaroh, S.Pd. Mereka berhasil mengalahkan tim B dan tim C dari SMA Aloysius dengan jumlah skor akhir untuk kemenangan SMA Pasundan 3 Bandung dengan total 980 poin.

Menurut Ersa (17), hasil juara ini bagian dari upaya dan kerja keras mereka sebagai sebuah tim yang sudah mempersipakan semuanya dengan matang. Sehingga lebih siap dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada saat perlombaan. Selain itu pula mereka berterima-kasih kepada guru biologi yang telah membimbing latihan dengan pendalaman materi untuk persiapan lomba pada hari ini hingga meraih juara pertama.

“Kami bersyukur telah menjuarai lomba cerdas tangkas yang diadakan Hima Biologi FKIP Unpas tahun ini, dan bisa mempertahankan piala bergilir yang sudah dicapai tahun sebelumnya. Semoga kedepannya sekolah kita selalu menjadi juara di perlombaan apapun, karena bisa memotivasi diri dan siswa lainnya agar bisa terus belajar dan mengasah kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan”, lanjut Ersa menjelaskan.

Sementara itu Cucu Cahyati, S.Pd., selaku guru pembimbing merasa bersyukur dan gembira karena dapat mendampingi siswanya menjadi juara pertama di lomba cerdas tangkas biologi, sekaligus mempertahankan gelar juara bertahan dan piala bergilir yang sudah diraih siswa pada tahun lalu. Selanjutnya, ia berpesan bahwa pengalaman ini dijadikan sebagai batu loncatan dalam mengembangkan setiap potensi yang dimiliki para siswa.

“Kesuksesan seorang siswa adalah sebuah kesuksesan juga untuk para gurunya. Bagi kami, mendampingi siswa menemukan dan mengembangkan potensi siswa hingga sukses merupakan pencapaian yang tidak ternilai. Karena pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini”, pesannya mengakhiri.

Dari hasil kemenangan juara lomba cerdas tangkas tersebut, tim SMA Pasundan 3 Bandung berhasil memboyong dua tropi; terdiri dari satu piala bergilir dan piala cerdas tangkas biology education expo, uang pembinaan siswa serta sertifikat untuk masing-masing peserta dan guru pembimbing. (ADR)

5 Comments

  1. Sfaliyyahh - 24 Mei 2022

    Keren banget, selamat ya untuk para juara,dan para guru pembimbing,semoga pas 3 menjadi juara lagi dan lagi kedepannya

  2. Ahmad irvan surya laksana - 24 Mei 2022

    Keren banget siswa siswi SMA Pasundan 3 Bandung bisa mempertahankan juara bergilir dari tahun sebelumnya, Congratulations kepada ketiga perwakilan dari SMA Pasundan 3 Bandung atas kemenangannya, Terimakasih telah membanggakan sekolah di ajang tingkat provinsi, “Kalian luar biasa” –

  3. Ihsan Nur Ramadhan - 24 Mei 2022

    Semangat terus, semoga dapat lebih banyak meraih prestasi launnya

  4. Ikhsan - 24 Mei 2022

    Wahh hebat ya ini sekolah banyak bakat dan sudah di kunjungi wakil gubernur

  5. M.Mirza Fayzul Haq - 25 Mei 2022

    Alhamdulillah, SMA Pasundan 3 dapat mempertahankan kemenangan berturut turut, semoga dapat di pertahankan di tahun tahun selanjutnya, Semangattt

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website