Solihin, S.Pd., M.M.
Kepala Sekolah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu

Alhamdulillah Wasyukrulillah tiada Tuhan yang Maha melindungi kita semua dari seluruh makhluk ciptaan-Nya kecuali Allah Subhanahu Wata’ala. Solawat dan Salam semoga dilimpah ruahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, para tabi’in dan kita semua yang turut pada ajarannya hingga akhir zaman, aamiin ya rabbal ‘alamin.

Saat ini kita hidup dalam kondisi tidak menentu sejak wabah virus melanda awal tahun 2020 lalu. Nyaris seluruh penduduk dunia sedang berjuang melawan wabah covid-19 yang  bukan saja berdampak pada kesehatan manusia tetapi juga sekaligus melumpuhkan banyak sektor vital kehidupan; seperti perekonomian, pelayanan publik, hingga pendidikan. Kondisi ini membuat kita dituntut waspada dalam menjaga kesehatan diri sendiri, di samping harus tetap produktif melaksanakan aktivitas seperti biasa sesuai aturan protokol kesehatan yang Pemerintah tetapkan.

Selama wabah ini menyerang Indonesia, kita dihadapkan dengan kebiasaan baru dalam menjalankan rutinitas sehari-hari dengan aturan yang harus ditaati. Seperti penggunaan masker ketika di luar rumah, pembatasan sosial serta pembatasan fisik; pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengatur masyarakat untuk tetap tinggal di rumah untuk mengurangi kerumunan. Tujuannya menghindari terjadinya kontak fisik oleh masyarakat di area publik tidak terkecuali lembaga pendidikan. Sehingga kami yang bergerak di bidang pendidikan menyesuaikan situasi untuk tidak menjalankan kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti biasa, melainkan harus menggunakan sarana internet atau daring sebagai media belajar siswa selama pandemi.

SMA Pasundan 3 Bandung di tengah situasi pelik ini, terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dengan pemanfaatan media digital atau daring sebagai media belajar di masa kenormalan baru (new normal). Penggunaan internet (daring) sebagai media belajar merupakan sarana yang efektif diterapkan pada masa situasi yang menghindari peserta didik maupun pengajar berkumpul di ruang kelas. Momentum ini tantangan sekaligus inovasi di era serba virtual, yang menuntut seluruh pendidik dan peserta didik untuk mampu menggunakannya sarana-prasarana yang ada selaras dengan kurikulum sekolah.

Kini pendidikan nasional sudah memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, yang juga babak baru bagi lembaga pendidikan dalam menghadapai calon peserta didik di tengah pandemi. SMA Pasundan 3 Bandung telah membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan pendaftaran yang bisa dilakukan secara daring (online) di website yang sudah tersedia, ataupun datang langsung ke sekolah dengan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai ketentuan Pemerintah.

Salah satu langkah kami dalam menunjang penyelenggaraan belajar mengajar di tengah pandemi dan masa transisi new normal; Insya Allah pemanfaatan komputer dengan jaringan internet dengan Web terintegrasi CBT sebagai sarana belajar bagi peserta didik yang sinergi dengan era digital. Program unggulan sekolah kami yang sudah terlaksana adalah kelas Tahfidz Qur’an dengan ruang kelas ber-AC, ruang belajar nyaman dam fasilitas belajar infocus.

Keunggulan lain dari SMA Pasundan 3 Bandung yang sudah diterapkan selama ini yaitu menekankan pendidikan bidang Agama diantaranya membaca Al-Qur’an, shalat, dan penguatan akhlak. Selain itu, tersedianya program kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib seperti Pramuka, Paskibra, PMR, dan Ektra Kurikuler Peminatan diantaranya, teater, bola voli, pencak silat, seni dan lainnya sebagai penopang diri siswa untuk mengembangkan bakat dan jati diri mereka.

Akhir kata,  kami mohon do’a dari seluruh pihak mudah-mudahan situasi yang pelik tidak menentu ini segera berlalu.  Sehingga aktivitas belajar mengajar dapat diselenggarakan tanpa kendala sedikit pun membuat guru dan peserta didik nyaman untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. Alhasil pendidikan dapat diserap dengan baik bagi peserta didik, agar kelak mereka menjadi manusia sukses, berbakti kepada orang tua, serta bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama. Aamiin Ya Rabbal’alamin.

 Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.