BANDUNG, (06/04/2021) — SMA Pasundan 3 Kota Bandung untuk kali pertamanya menyelenggarakan Wisuda Tahfidz Qur’an; program kelas unggulan tahfidz dengan tema: “Keajaiban Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia”. Acara wisuda ini ditujukan untuk kelas sepuluh (10) dan sebelas (11) yang telah mencapai target hafalan yang ditentukan oleh taqiya selaku lembaga kerja sama penyelenggaran pendidikan belajar Al-Qur’an. Hadirin yang berpartisipasi terbagi menjadi dua; secara luring dengan menyimak langsung di ruang acara dengan protokol kesehatan, atau menonton streaming di rumah masing-masing  dengan menggunakan media daring zoom meeting atau live youtube.

Peserta wisuda secara keseluruhan berjumlah 28 siswa; masing-masing terdiri dari kelas sepuluh  berjumlah 11 dan 17 siswa dari kelas sebelas. Sebelum acara dihelat, empat siswa pilihan dari wisudawan mempersembahkan tasmi’ di hadapan hadirin. Tasmi’ sendiri merupakan pelantunan hasil hafalan siswa untuk diperdengarkan kepada khalayak. Selanjutnya dari seluruh peserta wisudawan, terdapat dua siswa yang dinobatkan wisudawan terbaik yakni Selvia Anjany Pingkan (10) dan Risma Rismayanti (11), masing-masing menghafal 2 dan 3 Juz Al-Qur’an.

Adapun tamu undangan dari tokoh masyarakat yang turut serta dalam kegiatan wisuda; ibu Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I sebagai perwakilan Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung menggantikan ketua DPRD yang berhalang hadir. Selain itu perwakilan Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan diwakili oleh Aan Hardiyana, M.M selaku bendahara YPDM.

Menurut Solihin, S.Pd.,MM, selaku kepala sekolah: “kegiatan wisuda kelas tahfidz Qur’an ini diharapkan menjadi motivasi kepada kita semua agar terus belajar dan mendalami Alqur’an, supaya bermanfaat langsung terhadap diri sendiri juga lingkungan sekitar terutama SMA Pasundan 3 Bandung”.

Terselenggaranya wisuda tahfidz Qur’an sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa kelas unggulan tahfidz yang memiliki semangat dalam menghafal Al-Qur’an sekaligus sebagai motivasi bagi siswa untuk lebih giat dalam melakukan hafalan, dan berdampak positif kepada perilaku dan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Pada sambutan, Salmiah Rambe, S.Pd.i berpesan: “wisuda prorgam unggulan tahfidz ini harus menjadi ajang motivasi diri untuk memacu mendalami qur’an, juga selalu istiqomah dalam menghafal, mengamalkan dan mendakwahkan”. Senada dengan Ketua MUI Kota Bandung K.H Miftah Faridl: “wisuda tahfidz qur’an semoga memotivasi semuanya agar selalu membaca dan menghafal agar membawa berkah dunia dan akhirat, dan berharap membawa kebaikan kepada sekolah SMA Pasundan 3, kota Bandung dan Indonesia, pungkasnya. (ADR)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website