KURIKULUM

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 memenuhi kedua dimensi tersebut.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen Tentang Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun 2017.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor 356/KEP/D/KR/2017 tentang Perubahan atas Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 253/KEP.D/KR/2017 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013 dan Nomor 355/KEP/D/KR/2017 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013 secara Mandiri. Surat keputusan ini menjadi dasar dan pijakan bagi satuan pendidikan untuk melaksanakan Kurikulum 2013.

Satuan pendidikan yang tercantum didalam Surat Keputusan dimaksud (Nomor 356/KEP/D/KR/2017 tentang Perubahan atas Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 253/KEP.D/KR/2017 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013 dan Nomor 355/KEP/D/KR/2017 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013 secara Mandiri.) akan menjadi acuan dalam penetapan status penerapan kurikulum 2013 pada Apliikasi Dapodik. Maka pada Aplikasi Dapodik 2018 pada status penerapan Kurikulum 2013 akan dinyatakan “Diijinkan”. Dengan demikian maka Aplikasi Dapodik akan menampilkan seluruh referensi Kurikulum 2013 dan satuan pendidikan tersebut dapat menjalankan pendataan Dapodik dengan kaidah-kaidah sesuai dengan penerapan Kurikulum 2013.

Selanjutnya satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2013 ini dapat melakukan pembelian buku teks pelajaran dalam rangka mendukung penerapan Kurikulum 2013. Dan untuk memberikan pedoman satuan pendidikan dalam pembelian buku teks pelajaran ini, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 10/D/KR/2017, Tentang Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 Melalui Buku Sekolah Elektronik (BSE).

SMA Pasundan 3 Bandung mengaplikasikan kurikulum yang luas, kaya dan bermakna bagi peningkatan dan pengembangan diri, intelektual, sosial, dan fisik seluruh siswanya yang terintegrasi dengan nilai-nilai agama. Proses pembelajaran menggunakan kurikulum nasional dengan mengedepankan pendidikan sikap sosial dan spiritual pada semua mata pelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Pendidikan sikap sosial dan spiritual dilaksankan melalui pembiasaan rutin yang dilakukan bersama di sekolah.

STRUKTUR ORGANISASI KURIKULUM
SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

  • Struktur Kurikulum
  • KKM
  • Kriteria Kenaikan Kelas
  • Kriteria Kelulusan

STRUKTUR KURIKULUM 2013

SMA PASUNDAN 3 KOTA BANDUNG

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIPA)

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu

X ung

X Reg

XI

XII

Kelompok Umum A

    

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

4.

Matematika

4

4

4

4

5.

Sejarah Indonesia

2

2

2

2

6.

Bahasa Inggris

2

2

2

2

Kelompok Umum B

    

7.

Seni Budaya

2

2

2

2

8.

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

3

3

3

3

9.

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

2

10.

Bahasa Sunda

2

2

2

2

 

Tahfidz Qur’ an

10

0

0

0

Kelompok C (Peminatan)

    

11.

Matematika

3

3

4

4

12.

Biologi

3

3

4

4

13.

Fisika

3

3

4

4

14.

Kimia

3

3

4

4

Kelompok D (Lintas Minat)

    

15.

Dua mata pelajaran yang ada di Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

6

6

4

4

16

Tambahan tatap muka

3

3

1

1

Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Minggu

53

47

47

47

  • Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS)

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu

X

XI

XII

Kelompok Umum A

   

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

4

4.

Matematika

4

4

4

5.

Sejarah Indonesia

2

2

2

6.

Bahasa Inggris

2

2

2

Kelompok  Umum B

   

7.

Seni Budaya

2

2

2

8.

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

3

3

3

9.

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

10.

Bahasa Jawa

2

2

2

Kelompok C (Peminatan)

   

11.

Geografi

3

4

4

12.

Sejarah

3

4

4

13.

Sosiologi

3

4

4

14.

Ekonomi

3

4

4

Kelompok D (Lintas Minat)

   

15.

Dua mata pelajaran yang ada di Peminatan Matematika dan Ilmu Alam

6

4

4

16

Tambahan Tatap muka

3

1

1

Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Minggu

47

47

47

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

  • Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA)

Mata Pelajaran

KBM

X

XI

XII

Kelompok A (Wajib)

P/K

P/K

P/K

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

75

76

77

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

75

76

77

3.

Bahasa Indonesia

75

76

77

4.

Matematika

75

76

77

5.

Sejarah Indonesia

75

76

77

6.

Bahasa Inggris

75

76

77

Kelompok B (Wajib)

   

7.

Seni Budaya

75

76

77

8.

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

75

76

77

9.

Prakarya dan Kewirausahaan

75

76

77

10.

Bahasa Sunda

75

76

77

Kelompok C (Peminatan)

   

11.

Matematika

75

76

77

12.

Biologi

75

76

77

13.

Fisika

75

76

77

14.

Kimia

75

76

77

Kelompok D (Lintas Minat)

   

15.

Dua mata pelajaran yang ada di Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

75

76

77

Jumlah Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh per Minggu

 

 

 

  • Peminatan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Mata Pelajaran

KBM

X

XI

XII

Kelompok Umum A

P/K

P/K

P/K

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

75

76

77

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

75

76

77

3.

Bahasa Indonesia

75

76

77

4.

Matematika

75

76

77

5.

Sejarah Indonesia

75

76

77

6.

Bahasa Inggris

75

76

77

Kelompok B (Wajib)

   

7.

Seni Budaya

75

76

77

8.

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

75

76

77

9.

Prakarya dan Kewirausahaan

75

76

77

10.

Bahasa Jawa

75

76

77

Kelompok C (Peminatan)

   

11.

Geografi

75

76

77

12.

Sejarah

75

76

77

13.

Sosiologi

75

76

77

14.

Ekonomi

75

76

77

Kelompok D (Lintas Minat)

   

15.

Dua mata pelajaran yang ada di Peminatan Matematika dan Ilmu Alam

75

76

77

A.Kriteria Kenaikan Dari Kelas X dan XII

   Berdasarkan Permendikbud No.23 Tahun 2016

  1. Menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran dalam 2 semester pada tahun pembelajaran yang di ikuti.
  2. Mencapai tingkat kopetensi yang di persyaratkan minimal dengan KKM.
  3. Tidak terdapat tiga mata pelajaran atau lebih, pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang belum tuntas.
  4. Kompetensi sikap minimal Baik.
  5. Ketidak hadiran peserta didik tanpa keterangan maksimal 15% dari jumlah hari efektif.

B.Pengelolaan Nilai Raport dengan rumus :

NR = 70% (70% RUKD + 30% RTGS) + 15% UTS + 15% UAS

Keterangan:

NR          : Nilai Raport

RUKD    : Nilai Ulangan Kompetensi Dasar

RTGS     : Rata-Rata tugas

UTS        : Ujian Tengah Semester

UAS       : Ujian Akhir Sekolah

KRITERIA KELULUSAN

SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

  • Permendikbud No 4 Tahun 2018

Penilaian Hasil Belajar Oleh satuan pendidikan Dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah

  • Kelulusa Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan
  1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidik setelah:

a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran

b. Memperoleh nilai sikap/Prilaku minimal BAIK dan

c. Lulus ujian satuan Pendidikan

2. Kelulusan Peserta didik sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh satuan Pendidikan