Memutus Penyebaran Covid-19, SMA Pasundan 3 Bandung Melakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Menyeluruh di Lingkungan Sekolah

Bandung, ( 24 Maret 2020) Upaya menghambat proses penyebaran Covid-19 serta meruaknya bibit penyakit yang mudah dipicu oleh virus maupun bakteri,  SMA Pasundan 3 Bandung mendatangkan pihak petugas penyemprotan disinfektan dari vendor CBI pada Selasa pagi pukul 10.00 WIB di seluruh lingkungan sekolah. Proses penyemprotan disinfektan dilakukan selama 1 jam di mulai dari ruang Kepala Sekolah, ruang tata usaha (TU), perpustakaan, ruang guru, toilet siswa, masjid hingga ruang publik seperti bangku besi dan tempat sampah. Proses penyemprotan dilangsungkan dengan lancar tanpa adanya kendala, hal tersebut karena lingkungan sekolah sepi dari aktivitas rutin karena para guru dan siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah via daring.

Menurut Reni Setyaningsih Koordinator lapangan petugas penyemprotan, bahwa tujuan dilakukan penyemprotan disinfektan (klorin) utamanya untuk melindungi atau mematikan bakteri-bakteri tingkat tinggi yang menempel dipermukaan dinding atau benda-benda yang ada disekitarnya. Efek reaksi disinfektan setelah dilakukan penyemprotan berlangsung selama 3 jam. Kendati proses reaksinya hanya 3 jam, namun dianggap efektif membunuh atau menetralisis benda-benda yang terjangkit oleh bakteri kuat dan melemahkan bibit virus. Adapun penggunaan senyawa disinfektan untuk bahan penyemprotan terdiri dari unsur Klorin (Cl) sebagai komposisi utama (5,25 %), disamping campuran air dan unsur lainnya. Senyawa klorin pada umumnya digunakan sebagai disinfektan dalam sterilisasi alat bedah operasi, pembersih lantai rumah sakit dan pemanfaatannya telah menjadi standar bagi rumah sakit umum.

Dengan adanya langkah pencegahan wabah virus dengan tindakan penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan SMA Pasundan 3 Bandung, harapannya rantai (siklus) penyebaran wabah virus Covid-19 yang menjangkit masyarakat selama dua pekan tersebut dapat diputus dengan cara sterilisasi seluruh ruangan, termasuk ruang publik yang ada pada lingkungan sekolah. Di samping itu, seluruh Civitas Akademika SMA Pasundan 3 Bandung menghimbau kepada seluruh guru, staf TU dan siswa-siswinya, agar selalu berada di dalam rumah, kemudian harus peduli terhadap kesehatan diri sendiri dengan selalu rajin cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dengan orang lain di kerumunan dan senantiasa memakai masker bila terpaksa keluar rumah. Semoga kedepannya wabah Covid-19  cepat berlalu, dan aktivitas masyarakat kembali kondusif. (ADR/032420)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *