SEJARAH
SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

SMA Pasundan 3 Bandung didirikan pada tahun 1982 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai pendidikan yang berkualitas di Kota Bandung. Letak sekolah yang strategis menjadikan sekolah ini sebagai tujuan belajar dari para siswa dan siswi yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya termasuk dari daerah Padalarang dan Rancaekek, dan Cicalengka.

Seiring dengan meningkatnya animo masyarakat untuk menyekolahkan putra / putri-nya di SMA Pasundan 3 Bandung, maka jumlah murid pun semakin meningkat. Jumlah kelas yang ada pun tidak mampu menampung jumlah murid baru yang mendaftar di SMA Pasundan 3 Bandung. Oleh karena itu pada tahun 1991, SMA Pasundan 3 Bandung menambah jumlah kelas di lantai 2 sehingga total kelas yang ada adalah 33 ruangan.

Pada PMB tahun pelajaran 1988/1989 animo masyarakat semakin besar sehinggga calon siswa baru untuk kelas I yang mendaftar mencapai 22 kelas atau sekitar 1056 orang, untuk menampung siswa sebanyak itu, Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan mengeluarkan kebijakan penambahan jumlah sekolah sesuai dengan panca program YPDM Pasundan antara lain dengan memekarkan sekolah yang besar menjadi dua sekolah yaitu SMA Pasundan 3 Bandung dan SMA Pasundan 7 Bandung.

SMA Pasundan 3 Bandung terus berjuang menjadi sekolah swasta terbaik di Kota Bandung dan sebagai sekolah andalan seni berprestasi. Sejumlah prestasi telah ditorehkan baik oleh para siswa / siswi, organisasi ekstrakurikuler, maupun oleh para guru.

Mulai Tahun Ajaran 2017 – 2018, SMA Pasundan 3 Bandung menyelenggarakan kelas unggulan yang mengedepankan pada peningkatan minat dan bakat untuk meraih prestasi, penerapan adab Islam dalam kehidupan sehari – hari termasuk di dalamnya nilai – nilai luhur budaya Sunda, serta program Tahfidz Qur’an.

Profil Sekolah
Kepala
SMA Pasundan 3 Bandung
Dari Masa Ke MAsa