Sepekan, Ujian Sekolah Daring Kelas XII di SMA Pasundan Tiga Bandung Telah Dilaksanakan dengan Lancar

(SMAPasTi/04/04/2020) 

Imbas wabah virus covid-19 yang berlangsung selama hampir sebulan mempengaruhi segala aktvitas lapisan masyarakat tidak terkecuali lembaga/institusi yang melibatkan banyak orang, salah satunya lembaga pendidikan. Akibat masalah wabah tesebut interaksi masyarakat/guru/peserta didik dibatasi agar mengurangi kerumunan yang berpotensi terjadi kontak fisik yang diangap memudahkan penyebaran virus, sehingga kegiatan belajar mengajar hinggga ujian sekolah pun tidak dapat dilakukan di lingkungan sekolah secara “luring”. 

Lantaran lembaga pendidikan memiliki agenda rutin dalam penyelenggaraan ujan sekolah, maka SMA Pasundan 3 memilih melaksanakan ujian sekolah untuk peserta didik kelas dua belas (XII) di rumah masing-masing secara “daring”. Dasar acuan penyelenggaraan ujian sekolah secara daring merujuk pada Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat nomor: 422/2504-set.disdik tertanggal 23 Maret 2020 perihal pelaksanaan KBM, Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020; khususnya poin C nomor 2 tentang teknis pelaksanaa ujian yang disesuaikan dengan kondisi sekolah maupun peserta didik. Dengan pertimbangan surat edaran tersebut, Kepala Sekolah beserta Wakasek Kurikulum SMA Pasundan 3 akhirnya memutuskan diadakannya pelaksanaan ujian sekolah dengan menyesuaikan kondisi masyarakat tengah menjalankan masa isolasi diri (social & physical distancing) dengan cara daring.

Ujian sekolah (US) daring kelas dua belas (XII) dimulai pada hari Senin tanggal 30 Maret berakhir hari ini Sabtu 4 April 2020. Selama sepekan pelaksanaan, hampir seluruh peserta ujian sekolah daring dapat mengikuti proses ujian dengan kisaran presentasi kehadiran sebesar 94 %. Selain itu, aturan dan tata tertib US daring dengan baik dipatuhi oleh peserta ujian dengan dibantu oleh pengawas ujian yang mengawasi jalannya US daring. Adapun bertindak sebagai petugas pengawas US daring diisi Wali Kelas, utamanya kelas dua belas. Berjalannya US daring dengan lancar dan sukses ini tidak lepas dari partisipasi dan kontribusi seluruh pihak, terutama keterlibatan tim IT yang tugasnya mengkondisikan, mengarahkan dan mengolah data soal dan hasil ujian peserta ujian dari awal hingga selesai. 

Dari hasil US daring tersebut, diharapakan peserta ujian SMA Pasundan 3 Bandung dapat memperoleh hasil yang memuaskan sebagai dorongan diri untuk memupuk semangat belajar di manapun, dan sampai kapan pun kendati sudah berakhir masa belajar di sekolah selama 3 tahun. Semangat dan sukses selalu seluruh Civitas Akademika Pasundan 3 Bandung!. (ADR/040420)

4 thoughts on “Sepekan, Ujian Sekolah Daring Kelas XII di SMA Pasundan Tiga Bandung Telah Dilaksanakan dengan Lancar”

  1. Alhamdulillah pelaksanaan ujian sekolah dalam jaringan berjalan dengan baik dan lancar. Dengan mematuhi protokoler kesehatan pencegahan Covid-19. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ortu siswa,wk, teamwork,guru dan keluarga besar SMA Pasundan 3 yang terlibat berjalan US.
    Mudah-mudahan semua ada dalam kesehatan dan lindungan Allah SWT. Aamiin yra.

    1. amin yaAllah terimakasih kepada semua pihak yang telah berpastisipasi semoga segalanya kembali lancar dan seperti biasa aminn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *