SMA Pasundan 3 Bandung Raih Juara 3 Kompetisi Debat Piala Walikota Bandung Ke-11

Perwakilan siswa SMA Pasundan 3 dalam kompetisi debat antar SMA kota Bandung hari Sabtu 29 Februari 2020 berhasil membawa tropi juara ke-3. Capaian tersebut cukup membanggakan pihak sekolah, lantaran kompetisi debat tersebut bersanding dengan sekolah-sekolah negeri. Pelaksanaan debat bertempat di Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STHB) dengan jumlah peserta 18 siswa yang  melalui proses seleksi, guna memperebutkan piala Walikota Bandung. Tema yang diusung dalam debat yaitu “Menciptakan Bandung Lebih Kreatif”, dengan materi debat seputar masalah sampah Kang PisMan (pisah dan manfaatkan sampah), pendidikan seks, dan pendidikan inklusif.

Peserta yang tampil mewakili SMA Pasundan 3 dalam  kompetisi debat diantaranya: Aufa Dhiya Ulhaq (12 IPS 2), Muhammad Ziddane (11 IPA 2) dan Rezky Setiawan (12 IPA 2). Nama-nama siswa tersebut dipilih langsung oleh Ibu Nanan Rachminawati, S.Pd., M.M selaku guru bahasa Indonesia sekaligus pengarah teknis debat sebelum pelaksanaan kompetisi dimulai. Menurut ibu Nanan, mereka yang berlaga di kompetisi debat adalah siswa yang dinilai memiliki kemampuan baik dalam praktik debat saat dirinya mengampu mereka di kelas 10. Alasannya, kemampuan bahasa lisan serta rasa percaya diri anak didiknya terbilang di atas rata-rata. Kendati demikian, dalam persiapan lomba debat; Aufa, Ziddane dan Rezky banyak dibimbing oleh seorang alumni SMA Pasundan 3 bernama Dinda sang juara pertama suatu kompetinsi debat beberapa tahun silam.

Pihak sekolah selalu mengapresiasi dan mendukung segala bentuk pencapaian yang diraih oleh siswa-siswi baik dari segi kreativitas, bakat maupun prestasi akademik. Karena pada prinsipnya, dari hasil yang diperoleh dari lomba maupun kompetisi memberi pengaruh positif khusunya bagi siswa itu sendiri dan umumnya bagi sekolah karena menorehkan prestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *